Nuclear Youth Summit 2014

JAKARTA (Pos Sore) — Komunitas Muda Nuklir (KOMMUN) dan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) kembali menggelar ajang Nuclear Youth Summit (NYS)



Pertemuan yang berlangsung pada pada 22-24 November 2014 di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, mengangkat tema ‘Let’s Start the Future, Today!’.

Sebanyak 120 peserta dari Indonesia dan 30 peserta dari Malaysia, Thailand, Vietnam, Philipina, Australia, Bangladesh, dan Uni Emirat Arab, menghadiri wadah yang diperuntukkan kepada kaum muda yang mempunyai kepedulian dan ketertarikan terhadap perkembangan iptek nuklir baik secara nasional maupun internasional.



KOMMUN yang beranggotakan sejumlah anak muda ini menyetujui rencana pemerintah untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Tanah Air.
Kami mendukung pembangunan PLTN secepatnya,” kata Ketua KOMMUN, Said Mubbarak, Sabtu (22/11).

Menurutnya, pembangunan PLTN membutuhkan waktu lima tahun. Karenanya, perlu gerak cepat. Jangan sampai harus menunggu krisis energi terlebih dahulu baru membangun PLTN.



PLTN memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan PLTU seperti ramah lingkungan, harga murah, serta bahan baku yang melimpah,” ujarnya.

Sayangnya, rencana PLTN yang akan dibangun di Bangka Belitung, hingga kini belum ada kejelasan kapan pembangunan itu diwujudkan.

Kami juga akan melakukan sosialisasi kepada kaum muda mengenai pemanfaatan nuklir dengan cara yang lebih kreatif,” tambah mahasiswa Fisika Medis Universitas Indonesia itu.

Selama ini, ia menilai kaum muda banyak tidak mengetahui mengenai pemanfaatan nuklir. Image nuklir hanyalah mengenai bom atom Nagasaki dan Hiroshima. Padahal nuklir sendiri banyak dimanfaatkan di dunia kesehatan dan bidang lainnya. Dunia yang akrab dengan kehidupan kita sehari-hari.

Kepala BATAN, Prof Djarot S Wisnubroto, mengatakan NYS ini bertujuan saling berbagi pengetahuan dengan generasi muda.

Menjaga kompetensi kepakaran dari yang tua seperti saya kepada anak muda,” katanya.



Nuklir bukanlah sesuatu yang menakutkan. Kita selama ini hanya tahu soal nuklir yang membuat takut saja, padahal Batan mampu menemukan bibit pangan yang bagus dan itu merupakan manfaat nuklir yang tidak menakutkan. (tety)

No comments:

Post a Comment

Pages