BREAKING NEWS

OPEN RECRUITMENT KOMMUN YOGYAKARTA 2017

OPEN RECRUITMENT KOMMUN YOGYAKARTAπŸ“£πŸ“£

Hallo sahabat Nuklir, salam hangat dari kami..
Komunitas Muda Nuklir Nasional Yogyakarta.

Kami adalah Komunitas pemuda yang peduli akan iptek Nuklir, Dan juga sebagai wadah bagi para pemuda aktif untuk belajar, & berdiskusi tentang topik-topik kenukliran. Selain itu fokus kami adalah untuk mensosialisasikan iptek Nuklir kepada masyarakat luas agar supaya paradigma masyarakat tidak selalu buruk jika mendengar Kata "Nuklir"

*Kommun* sampai saat ini sudah tersebar di 11 wilayah di Indonesia lohh, diantaranya
1. Yogyakarta
2. Jakarta
3. Bandung
4. Malang
5. Tangerang Selatan
6. Semarang
7. Palembang
8. Bogor
9. Solo
10. Kaltim
11. Surabaya

Dan tidak menutup kemungkinan akan membuka wilayah-wilayah lain di Indonesia, so tunggu apa lagi simak persyaratan-persyaratannya.

πŸ“‚ *PERSYARATAN*
πŸ“Žpemuda berusia 17 s/d 30 thn
πŸ“Žscan KTM/ KTP 
πŸ“ŽFoto diri terbaru 
πŸ“ŽMengisi formulir di link : http://bit.ly/OprecKommunJogja 
πŸ“ŽUntuk KTM/ KTP serta foto diri dikirim ke email : kommunoprec2017@gmail.com 
    dengan subyek: KommunOprec2017_Nama_Instansi

πŸ“†TIMELINE
πŸ“Open recquitment : 24 April 2017 
πŸ“Penutupan Oprec : 7 Mei 2017 
πŸ“First gath : 13 Mei- 14 Mei 2017

Kuy, kami tunggu kedatangan kalian di keluarga besar kommun πŸ•΄ πŸ•΄ 

#komunitasmudanuklirnasional
#kommunyk2k17
#resonasikebaikan
#nuclearforwelfare

☎ Contact Person
Hp/WA: +6282310118155 (Diana)
Line:dianaanidzafikri

🌐 KOMMUN Yogyakarta
*Instagram* :@kommunyogyakarta
*Telegram* : @komunitasmudanuklirnasional
*FB* : Kommun Wilayah Yogyakarta
*Website* : jogja.kommun.or.id
*Line *: @rfy0750y
*Twitter*: kommun_yogya

Salam Nuklir!!!

BINCANG BINCANG ENERGI 2017



[1 HARI LAGIIIII]Komunitas Muda Nuklir Nasional Yogyakarta bekerja sama dengan Dewan Energi Mahasiswa UGM dan BEM KMFT UGM dengan bangga mempersembahkan

✨✨BINCANG-BINCANG ENERGI: Alternatif Solusi Permasalahan Energi di Indonesia ✨✨

Agenda Bincang-Bincang Energi ini akan melakukan disuksi terkait perkembangan energi di Indonesia yang akan dihadiri oleh 6 komunitas yang bergerak di bidang energi sebagai narasumber diskusi ini, yaitu:
1. Komunitas Muda Nuklir Yogyakarta
2. Dewan Energi Mahasiswa UGM
3. Kajian Strategis Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik UGM
4. Society of Petroleum Engineers UGM - Student Chapter
5. Komunitas Mahasiswa Sentra Energi (KAMASE) DTNTF UGM
6. Gadjah Mada Oil and Gas Club

Yukkk, segera berikan tanda pada tanggal dan jam berikut!

πŸ“… Hari/tanggal: Minggu, 30 April 2017
⌚Pukul: 07.30 - 12.30 WIB
πŸ“ŒTempat: KPFT 2.5 lantai 2
🎫Tiket: GRATISSSSSSSS (Terbuka untuk semua kalangan)

Ada juga fasilitas yang akan kalian dapatkan antara lain snack dan pastinya ilmu yang bermanfaat

Cara pendaftaran:
Daftar secara online, di bit.ly/regisBBE2017

CP: Habibi (082276042521)

Iradiasi pada Polimer Alami dan Nanocelulose membuat lebih ramah lingkungan



Hingga saat ini, produksi plastik telah melonjak selama 50 tahun terakhir dan diperkirakan akan terus melonjak (menurut laporan world economic forum 2016). Bahan kemasan plastik bersifat sulit terurai secara hayati, dan mendaur ulangnya cenderung tidak layak secara teknologi dan tidak layak secara ekonomi, karena kontaminasi oleh bahan makanan dan zat biologis.
Dengan menggunakan iradiasi polimer alami dan nanocellulose, Kanada dapat menciptakan sebuah produk yang bersifat biodegradable dan ramah lingkungan.

Bahkan tahukah anda keunggulan dari produk ini dapat melindungi makanan kemasan dari kelembaban dan bakteri.
Lantas apasajakah yang termasuk polimer alami?

Apa sih sebenarnya nanocellulose dan apa  kegunaannya?
Apakah yang dimaksud biodegradable?

Penasaran lebih lanjut? Yuk dibuka di
http://www.kommun.or.id/
Canada-Pursues-More-Eco-friendly-Food-Packaging-from-Irradiated-Nanofibres/

#KomunitasMudaNuklirNasional
#NuclearTrivia
#ResonansiKebaikan

KOMMUN Semarang: Launching Pengurus Harian


[BPH KOMMUN SEMARANG]

Memperkenalkan Badan Pengurus Harian (BPH) Wilayah Semarang:

» Korwil: Ledi Anggara (Fisika-Universitas Diponegoro)
» Sekretaris: Marlita Sahara (Fisika-Universitas Diponegoro)
» Bendahara: Della Olivia (Fisika-Universitas Diponegoro)

» Biro PSDM: Hikmah Hersela (Fisika-Universitas Diponegoro)
⏩ Wadah kaderisasi dan pengembangan potensi pengurus
» Bid. Kajian Ilmiah: Achmad Fajar Putranto (Fisika-Universitas Diponegoro)
⏩ Sarana Studi dan Penelitian di bidang Nuklir
» Bid. HUMAS: Bannita Khairani Nahla (HI-Universitas Wahid Hasyim)
⏩ Penghubung antara Kommun dengan Stakeholder
» Bid. Media: Sutan Nur Achmad (Fisika-Universitas Diponegoro)
⏩ Platform Design dan Kreativitas

Yuk lebih dekat dengan Badan Pengurus Harian Kommun Semarang
"Come and Getting Closer With Us"😊

Gabung bersama kami di Kommun Semarang!
Jadilah bagian dari kami #KOMMUNSEMARANG2017 ! πŸ˜‰

Salam Nuclear !

Keep Stalking Us on:
Line : @rdl5000t
Instagram : KommunSemarang
Facebook : Kommun Semarang
Twitter : @kommunsemarang

KOMMUN Palembang: Seminar Ilmiah dan Beasiswa


*[Seminar Ilmiah dan Beasiswa]*

KOMMUN (Komunitas Muda Nuklir Nasional) Palembang dan UKM U-Read (Unsri Riset dan Edukasi) mempersembahkan *Seminar Ilmiah dan Beasiswa*
Dengan tema : *"Investasi Energi dan Intelektual Menuju Indonesia Emas 2045"*

Bagaimana sih prospektif energi masa depan Indonesia???
Apakah Nuklir energi masa depan Indonesia ???
........
Apa yang perlu diinvestasikan agar meningkatnya Intelektual kita??? 
Apa kiat-kiat biar bisa kuliah S2 dengan beasiswa???

Hmmm... temukan jawabannya disini !!

Keynote Speakers :
1. Dimas Irawan, M.Si.
Kepala Bidang Diseminasi
Pusat Diseminasi dan Kemitraan BATAN
2. Prof. Aldes Lesbani S.Si.,M.Si.,Ph.D 
Peraih Monbukagakusho Scholarships For Doctoral Course (tahap konfirmasi)

Kapan dan dimana?
πŸ“†Hari/Tanggal : *Rabu, 26 April 2017*
⏰Waktu : *08.00 WIB - selesai*
🏫Tempat : *Aula Student Center Lt. 3 Universitas Sriwijaya, Indralaya*

Seminar dibuka untuk umum
Dengan HTM πŸ’°: *Hanya Rp. 15.000*

Apa yang didapatkan?😁😁😁
- Snack 🍰
- Makan Siang πŸ›
- Sertifikat πŸ“œ
- Seminar kit πŸ“š
Kapan lagi Seminar cuma bayar 15K dapet banyak fasilitasnyaa πŸ™„πŸ™„

Kuyyy segera daftar, jangan sampai kehabisan... kuota terbatas !!!⏳⏳⏳

Format pendaftaran :
Nama#Fakultas#Jurusan#Universitas#No. Hp
Kirim ke Wa/Sms : 082281941741 (Azizah).

*Reminded Again!!*...... daftar sekarang juga, ambil HP Anda silahkan ketik sms
Nama#Fakultas#Jurusan#Universitas#No.Hp
Kirim ke Wa/Sms : 082281941741 (Azizah).

πŸ’³Biaya pendaftaran bisa ditransfer ke  No. Rekening BNI : 0401604677 a.n. Maria Ulfa
Atau bisa dibayar langsung ke 082281941741 (Azizah)

Konfirmasi pembayaran via transfer ke 082281941741 (Azizah)


πŸ“±Untuk informasi lebih lanjut : 08974906292 > SMS/Wa (Indri)

Kuykuykuy, Terbatas lohh !!! 

#KOMMUN_Palembang
#UKM-UREAD
#Resonansi_kebaikan
#Eksis_berprestasi

KOMMUN Yogyakarta: Diskusi Online Seputar Nuklir


Teman - teman yang masih duduk di bangku SMA/SLTA di seluruh-INDONESIA!!
Yuk Kenalan yuk!! πŸ˜ƒπŸ˜ƒ
Kami dari :
Keluarga Besar Komunitas Muda Nuklir Nasional
Wilayah Yogyakarta.

Mempersehkan: [Diskusi Online Seputar Nuklir]

☡☢ Hai hai, buat kalian-kalian yang sebentar lagi akan SBMPTN dan kalian-kalian yang sering bertanya seputar ini

Q: Kak, Teknik Nuklir itu kuliahnya ngapain sih?

Q: Katanya bikin mandul ya? Terus harus nikah di semester 3?

Q: Perguruan tinggi yang ada Teknik Nuklirnya dimana aja? Cara masuk dan kuotanya berapa ya Kak?

Q: Nanti lulusan Teknik Nuklir kerja dimana?

Q: Perkembangan Nuklir di Indonesia udah sejauh mana?

Q: Katanya Nuklir juga bisa buat fisika medis ya? Kayak dokter dong?

Q: Hidup di Jogja itu murah ya Kak? Enak gak?

Jangan lewatkan kesempatan langka ini!!
Kita oprec untuk ONLINE SHARING SEPUTAR NUKLIR
Dan kalian bebas bertanya apapun yang ingin kalian ketahui
~Sharing ini akan diisi oleh pembicara yang pastinya sudah berpengalaman kuliah di Teknik Nuklir jadi kalian tidak perlu takut salah informasi~

Informasi lebih lanjut, baca di poster ya ☡☢☡☢


OPEN RECRUITMENT KOMMUN KALIMANTAN TIMUR 2017

*OPEN RECRUITMENT*

Hallo sahabat Nuklir, kembali dengan Kita lagi nih yap kami Dari..

πŸŽ–πŸ… *KOMMUN* πŸ…πŸŽ–
*Wilayah Kalimantan Timur*

_*Komunitas Muda Nuklir Nasional*_ yap kami adalah Komunitas pemuda yang peduli akan iptek Nuklir, Dan juga sebagai wadah bagi para pemuda aktif untuk belajar, & berdiskusi tentang topik2 kenukliran selain itu fokus kami adalah untuk mensosialisasikan iptek Nuklir kepada masyarakat luas agar supaya paradigma masyarakat tidak selalu buruk jika mendengar Kata "Nuklir"

*Kommun* sampai saat ini sudah tersebar di 11 wilayah di Indonesia lohh, diantaranya

1. Yogyakarta
2. Jakarta
3. Bandung
4. Malang
5. Tangerang Selatan
6. Semarang
7. Palembang
8. Bogor
9. Solo
10. Kaltim
11. Surabaya

Dan tidak menutup kemungkinan akan membuka wilayah2 lain di Indonesia, so tunggu apa lagi simak persyaratan2 nya..

πŸ“‚ *PERSYARATAN*
πŸ”‘ Pemuda/pemudi usia 17 s/d 30tahun
πŸ”‘ Mengisi formulir pendaftaran
πŸ”‘ Scan ID (KTP/SIM/KARMAS KTM/Passport)
πŸ”‘ Pas foto close up berwarna
πŸ”‘ Motivation Letter (alasan bergabung KOMMUN) min. 500 kata

*CARANYA???*
πŸ•΄klik http://bit.ly/Opreckommunkaltim
πŸ•΄Isi formulirnya
πŸ•΄Isi motivation letternya (alasan bergabung KOMMUN)
πŸ•΄ Selesai

πŸ“† *TIMELINE*

 *OPEN RECRUITMENT*
πŸ“Œ 18 April 2017
 *CLOSE RECRUITMENT*
πŸ“Œ 2 Mei 2017
 *MEET AND GREET & WAWANCARA SINGKAT*
πŸ“Œ 10 Mei 2017

Kuy, kami tunggu kedatangan kalian di keluarga besar kommun.

Salam Nuklir

#komunitasmudanuklirnasional
#kommunkaltim2k17
#resonasikebaikan
#nuclearforwelfare


☎ *Contact Person :*
πŸ‘¨ LUHUR
+62 821 5701 7687

πŸ‘© HAWAI
+62 823 5122 9725

🌐 *KOMMUN KALTIM*
*Instagram* : @kommunkaltim
*Telegram* : @komunitasmudanuklirnasional
*FB* : KOMMUN KAL-TIM
*Website* :
www.kommun.or.id

Teknologi Nuklir Sebagai Tracer di Industri Pertambangan Chile

[Nuclear Trivia]

Dalam menjaga ketahanan industri nasional dan untuk tetap memenuhi permintaan ekspor yang semakin meningkat, perusahaan pertambangan Chile. Dalam banyak contoh, tidak praktis untuk menggunakan teknik tracer tradisional karena mereka menggunakan peralatan besar yang sulit untuk bergerak dan digunakan di lapangan. Dengan menggunakan teknologi tracer, industri Chili dapat meningkat pesat.

Lantas apa sih sebenarnya radiotracer?
Apa sih maksudnya Neucleonic gauges?


Penasaran lebih lanjut? Yuk dibuka di
http://www.kommun.or.id/teknologi-nuklir-sebagai-tracer-dalam-industri-pertambangan-chile/

#KomunitasMudaNuklirNasional
#NuclearTrivia
#ResonansiKebaikan

Open Recruitment 2017: KOMMUN Solo

OPEN RECRUITMENT KOMMUN SOLO


Ingin tau soal nuklir?
Ingin tau soal radiasi?
Ingin tau pemanfaatan nuklir?

Ayo,
bergabung dengan kami di Komunitas Muda Nuklir Nasional wilayah Solo.
Komunitas Muda Nuklir Nasional atau biasa disebut KOMMUN adalah Komunitas pemuda berskala nasional yang berfungsi sebagai wadah bagi para pemuda aktif untuk belajar, berdiskusi, dan bersosialisasi tentang IPTEK nuklir dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.

πŸ“‚ PERSYARATAN
πŸ”‘ Pemuda/pemudi usia 17 s/d 35 tahun
πŸ”‘ Mengisi formulir pendaftaran
πŸ”‘ Scan ID (KTP/SIM/KARMAS/Passport)
πŸ”‘ Pas foto close up berwarna
πŸ”‘ Motivation Letter (alasan bergabung KOMMUN) min. 500 kata

CARANYA?
🎯 klik bit.ly/OprecKommunSolo atau bit.ly/OprecKommunSolo_2
🎯 Isi formulirnya
🎯 Isi motivation letternya (alasan bergabung KOMMUN)
🎯 Selesai

πŸ“† TIMELINE
πŸ“Œ 17 April 2017 - OPEN REGISTRATION
πŸ“Œ 14 Mei 2017 - CLOSE REGISTRATION
πŸ“Œ 20 Mei 2017 - MEET AND GREET

☎ Contact Person :
Ai Woo
0895 2299 0878

🌐 KOMMUN SOLO*
Instagram : @kommunsolo
Telegram : @kommun_solo
FP : KOMMUN SOLO
LINE : kommunsolo

Menggunakan Teknologi NDT: Industri Maroko Mendapatkan Keuntungan Besar

Menggunakan Teknologi NDT: Industri Maroko Mendapatkan Keuntungan Besar

Kecil, hampir tak terlihat celah tidak lagi ancaman biaya untuk operator industri Maroko. Dilengkapi dengan teknologi radiasi yang sangat sensitif dan tepat, operator kini membongkar kerusakan sebelum mereka berkompromi terkait pengolahan produksi dan  industri - yang telah membantu untuk meningkatkan kualitas produksi dan menyelamatkan jutaan dolar dalam biaya pemeliharaan dan perbaikan.

“Operator Industri digunakan untuk menjalankan fasilitas mereka sampai kerusakan yang tidak terduga memaksa mereka untuk menutup selama waktu yang sangat lama,” kata Rachad Alami, Kepala Divisi Aplikasi Industri di Pusat Nasional untuk Energi Nuklir, Ilmu dan Teknologi di Maroko (CNESTEN) . “Biaya pemeliharaan dan perbaikan yang sangat tinggi, dan hal ini sedang  merugikan daya saing. Sekarang teknik nuklir digunakan untuk mendeteksi masalah dan meningkatkan kualitas produksi.”

Operator industri Maroko telah bekerja dengan spesialis CNESTEN dilatih oleh IAEA dalam menggunakan pengujian non-destruktif untuk memeriksa peralatan industri dan melakukan uji jaminan kualitas. Di Maroko, teknik ini, yang mewakili lebih dari 98% dari kontrol teknis dilakukan pada pembangunan  industri di seluruh dunia, telah diaplikasikan di berbagai cabang industri, termasuk petrokimia, produksi fosfat dan pengolahan, logam, transport, makanan dan sektor semen.
Selama tiga dekade terakhir, industri Maroko telah mendapatkan banyak keuntungan dari teknologi radiasi, kata Alami. Sementara keakuratan jumlah  pada penghematan yang dihasilkan oleh aplikasi teknologi nuklir  sulit untuk didapat, operator industri di Maroko setuju bahwa rasio keuntungan minimum untuk penggunaan teknik nuklir adalah 32: 1 - yang berarti bahwa untuk setiap euro dihabiskan untuk pengujian non destruktif (NDT), radiotracers dan aplikasi radiasi lainnya, operator melihat kembali paling sedikit 32 euro.

Gamma scanning membantu mengembalikan operasi kilang minyak petrokimia
Metode konvensional sering tidak tepat atau cukup sensitif untuk sampai ke akar masalah. Pada 2015, insinyur di kilang minyak petrokimia menggunakan teknik konvensional untuk mencari alasan di balik penurunan hampir 90% dalam kapasitas pengoperasian unit produksi furfural (furfural adalah pelarut yang digunakan dalam pembuatan banyak produk industri). Mereka tidak bisa menemukan sumber masalah dan memutuskan mereka membutuhkan untuk membongkar seluruh unit, yang akan menghentikan produksi selama berminggu-minggu.

Sebelum pembongkaran unit, mereka memutuskan untuk mencoba teknik radiasi yang disebut gamma scanning untuk mendapatkan ide yang lebih baik dari apa yang terjadi di dalam unit dan menemukan sumber masalah. Dalam beberapa jam, mereka telah  mengidentifikasi masalah, mengganti bagian dari unit yang rusak dan mengembalikannya ke kapasitas operasi penuh.

Gamma scanning adalah satu-satunya teknik yang mampu mendeteksi masalah dan menemukan masalah secara tepat,” kata Alami. “Hal itu jauh lebih murah dengan menggunakan teknik ini - biaya € 5000 -. Daripada menopang kerugian besar yang diakibatkan kita membongkar seluruh unit”

Mempromosikan teknologi radiasi di Maroko dan Afrika
Spesialis di Maroko dengan  puluhan tahun  pengalaman mendukung negara di seluruh Afrika dalam  menggunakan NDT, menyegel sumber radioaktif dan pengusutan radioaktif. 

“Sejak tahun 1990-an, Maroko telah mengambil peran dalam penerapan teknologi radiasi berkat komitmen CNESTEN dan dukungan dari Perancis dan IAEA,” kata Patrick Brisset, teknolog industri di IAEA.

Pusat kerjasama Maroko di wilayah tersebut adalah  IAEA- mendukung Perjanjian Kerja sama wilayah Afrika untuk Penelitian, Pengembangan dan Pelatihan Terkait Sains dan Teknologi Nuklir.suatu Program Afra telah membantu menjalin kerjasama langsung antara Maroko dan  negara-negara seperti Angola, Kamerun, Mesir, Ethiopia, Ghana, Senegal, Sudan, Tunisia, Tanzania dan Zimbabwe. Sebagai hasil dari kerjasama ini, sejumlah negara-negara ini telah mampu menerapkan teknik nuklir dan nuklir terkait dalam industri lokal mereka sendiri.

“Industrialisasi benar-benar lepas landas di banyak negara di benua Afrika. IAEA bekerja dengan negara-negara seperti Maroko untuk mempromosikan kebaikan penggunaan teknologi radiasi dalam industri dengan memiliki dampak langsung pada ekonomi negara-negara,”kata Brisset.

IAEA, sebagian melalui program kerjasama teknis, terus merangsang penggunaan teknologi tersebut dan mendukung kerja sama. Maroko telah menjadi negara donor dalam proyek-proyek industri yang melibatkan teknologi radiasi dengan Republik Demokratik Kongo, Mesir, Kenya, Sudan dan Zimbabwe. 

NDT, pengujian radiografi dan gamma scanning
pengujian industri menggunakan teknologi nuklir melibatkan  penggunaan radiasi pengion - bersama dengan metode lain - untuk menguji kualitas dari materi, tanpa menyebabkan kerusakan atau meninggalkan  sisa radioaktif. Teknik ini disebut pengujian non-destruktif.

Pengujian radiografi merupakan teknik terbesar pengujian non-destruktif (NDT) di pasar dan dianggap metode referensi untuk semua teknik pelengkap lainnya. Hal ini terutama didasarkan pada sinar gamma dari sumber radioaktif atau sinar-X dari generator X-ray. Kadang-kadang sinar beta juga dapat digunakan untuk kerapatan rendah, materi  ketebalan rendah. Ketika radiasi ditembakkan ke lempengan material, spesialis dapat menggunakan perangkat khusus yang dapat mendeteksi radiasi dan menciptakan sebuah gambar. Semakin tinggi kerapatan atau ketebalan  materi, lebih sedikit radiasi melewati, yang menghasilkan lebih sedikit  hitam pada gambar. Spesialis mengevaluasi gambar-gambar ini untuk menentukan karakteristik yang berbeda dari material.


Gamma scanning adalah teknik yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan internal setiap proses atau peralatan tanpa mengganggu produksi. Sebuah sinar collimated dari sinar penetrasi diberikan untuk melewati kerangka dari sebuah bejana, akan diubah oleh bejana dalam dan kemudian keluar dari sisi lain untuk mencapai detektor. Dengan mengukur intensitas radiasi yang ditransmisikan, informasi berharga diperoleh kerapatan dari material di dalam  bejana. Semakin tinggi kerapatan atau ketebalan material, lebih sedikit radiasi yang melaluinya. Hal ini menyebabkan metode yang sederhana dan efisien, yang disebut scan profile' dari komponen diperiksa, spesialis dapat digunakan untuk mengidentifikasi kelemahan atau ketidaktetapan.

Mei Fawaz-Huber, IAEA Kantor Informasi Publik dan Komunikasi

Menguji Keaslian Arca, Peneliti Indonesia Gunakan Spektrografi Nuklir

Menguji Keaslian Arca, Peneliti Indonesia Gunakan Spektrografi Nuklir!


Prof. Drs. Saiman Prihatin, salah satu ahli nuklir Badan Tenaga Nuklir Nasional BATAN, bersama Prof. Dr. KP Timbul Haryono Hadiningrat M,Sc, pakar arkeometalogi Universitas Gajah Mada Yogya, dan Johan Yan telah menemukan metode baru untuk menguji keaslian Arca Mahandi selama sekitar 5 tahun.
Temuan metode baru tersebut dapat menguji keaslian arca dengan memanfaatkan teknologi nuklir yakni Spektrografi Nuklir dengan cara menembakkan radiasi ke arca tersebut untuk di catat hasilnya. Dapat dikatakan, Spektrografi Nuklir merupakan salah satu cara ampuh dan non destructive test untuk mengetahui komposisi unsur dari Arca tersebut. Dengan demikian pada metode ini tidak perlu dilakukan pencungkilan pada arca tersebut untuk menguji keasliannya, sehingga benda cagar budaya tersebut tidak akan cacat.
"Dengan sinar nuklir yang ditembakkan ke benda cagar budaya oleh ahlinya (Prof Samin Prihatin), penelitian keaslian benda cagar budaya itu tidak perlu dilakukan dengan mencukil bendanya, sehingga benda cagar budaya itu tidak cacat,"
~ Johan Yan – Pemilik Museum Maha Nandi
Ahli nuklir kimia dari BATAN Drs. Samin prihatin menegaskan bahwa keaslian sebuah benda cagar budaya dapat dibuktikan secara ilmiah. Identifikasi arca tersebut melalui pola dan unsure yang direkam dalam data.
Hasil penelitian itu ditentukan delapan unsure logam yang terdapat di arca mahanandi kandungan unsure logam tersebut antara lain Fe 132 (1,81 %), Ni 2113 (28,61 %), Cu 3158 (42,76 %), Zn 499 (6,75%), Pb 77 (1,04 %), Ag 55 (0,74 %), Sn 940 (12,73 %), Sb 54 (1.32 %), dan Au 99 (2,42 %). Delapan unsur logam di dalam arca tersebut ditemukan dengan metode bias dan tidak destruktif, karena arca yang diteliti tetap utuh.

Selain penemuan delapan unsur logam tersebut. Juga ditemukan logam emas didalam perut arca yang merupakan relic. Relic ini terdapat dibagian perut arca. Hal ini membuktikan bahwa nenek moyang kita begitu memiliki kemampuan yang cangih dalam keterbatasan.
 
Copyright © 2014 Komunitas Muda Nuklir Nasional. Designed by OddThemes