Menggunakan Teknologi NDT: Industri Maroko Mendapatkan Keuntungan Besar

Menggunakan Teknologi NDT: Industri Maroko Mendapatkan Keuntungan Besar

Kecil, hampir tak terlihat celah tidak lagi ancaman biaya untuk operator industri Maroko. Dilengkapi dengan teknologi radiasi yang sangat sensitif dan tepat, operator kini membongkar kerusakan sebelum mereka berkompromi terkait pengolahan produksi dan  industri - yang telah membantu untuk meningkatkan kualitas produksi dan menyelamatkan jutaan dolar dalam biaya pemeliharaan dan perbaikan.

“Operator Industri digunakan untuk menjalankan fasilitas mereka sampai kerusakan yang tidak terduga memaksa mereka untuk menutup selama waktu yang sangat lama,” kata Rachad Alami, Kepala Divisi Aplikasi Industri di Pusat Nasional untuk Energi Nuklir, Ilmu dan Teknologi di Maroko (CNESTEN) . “Biaya pemeliharaan dan perbaikan yang sangat tinggi, dan hal ini sedang  merugikan daya saing. Sekarang teknik nuklir digunakan untuk mendeteksi masalah dan meningkatkan kualitas produksi.”

Operator industri Maroko telah bekerja dengan spesialis CNESTEN dilatih oleh IAEA dalam menggunakan pengujian non-destruktif untuk memeriksa peralatan industri dan melakukan uji jaminan kualitas. Di Maroko, teknik ini, yang mewakili lebih dari 98% dari kontrol teknis dilakukan pada pembangunan  industri di seluruh dunia, telah diaplikasikan di berbagai cabang industri, termasuk petrokimia, produksi fosfat dan pengolahan, logam, transport, makanan dan sektor semen.
Selama tiga dekade terakhir, industri Maroko telah mendapatkan banyak keuntungan dari teknologi radiasi, kata Alami. Sementara keakuratan jumlah  pada penghematan yang dihasilkan oleh aplikasi teknologi nuklir  sulit untuk didapat, operator industri di Maroko setuju bahwa rasio keuntungan minimum untuk penggunaan teknik nuklir adalah 32: 1 - yang berarti bahwa untuk setiap euro dihabiskan untuk pengujian non destruktif (NDT), radiotracers dan aplikasi radiasi lainnya, operator melihat kembali paling sedikit 32 euro.

Gamma scanning membantu mengembalikan operasi kilang minyak petrokimia
Metode konvensional sering tidak tepat atau cukup sensitif untuk sampai ke akar masalah. Pada 2015, insinyur di kilang minyak petrokimia menggunakan teknik konvensional untuk mencari alasan di balik penurunan hampir 90% dalam kapasitas pengoperasian unit produksi furfural (furfural adalah pelarut yang digunakan dalam pembuatan banyak produk industri). Mereka tidak bisa menemukan sumber masalah dan memutuskan mereka membutuhkan untuk membongkar seluruh unit, yang akan menghentikan produksi selama berminggu-minggu.

Sebelum pembongkaran unit, mereka memutuskan untuk mencoba teknik radiasi yang disebut gamma scanning untuk mendapatkan ide yang lebih baik dari apa yang terjadi di dalam unit dan menemukan sumber masalah. Dalam beberapa jam, mereka telah  mengidentifikasi masalah, mengganti bagian dari unit yang rusak dan mengembalikannya ke kapasitas operasi penuh.

Gamma scanning adalah satu-satunya teknik yang mampu mendeteksi masalah dan menemukan masalah secara tepat,” kata Alami. “Hal itu jauh lebih murah dengan menggunakan teknik ini - biaya € 5000 -. Daripada menopang kerugian besar yang diakibatkan kita membongkar seluruh unit”

Mempromosikan teknologi radiasi di Maroko dan Afrika
Spesialis di Maroko dengan  puluhan tahun  pengalaman mendukung negara di seluruh Afrika dalam  menggunakan NDT, menyegel sumber radioaktif dan pengusutan radioaktif. 

“Sejak tahun 1990-an, Maroko telah mengambil peran dalam penerapan teknologi radiasi berkat komitmen CNESTEN dan dukungan dari Perancis dan IAEA,” kata Patrick Brisset, teknolog industri di IAEA.

Pusat kerjasama Maroko di wilayah tersebut adalah  IAEA- mendukung Perjanjian Kerja sama wilayah Afrika untuk Penelitian, Pengembangan dan Pelatihan Terkait Sains dan Teknologi Nuklir.suatu Program Afra telah membantu menjalin kerjasama langsung antara Maroko dan  negara-negara seperti Angola, Kamerun, Mesir, Ethiopia, Ghana, Senegal, Sudan, Tunisia, Tanzania dan Zimbabwe. Sebagai hasil dari kerjasama ini, sejumlah negara-negara ini telah mampu menerapkan teknik nuklir dan nuklir terkait dalam industri lokal mereka sendiri.

“Industrialisasi benar-benar lepas landas di banyak negara di benua Afrika. IAEA bekerja dengan negara-negara seperti Maroko untuk mempromosikan kebaikan penggunaan teknologi radiasi dalam industri dengan memiliki dampak langsung pada ekonomi negara-negara,”kata Brisset.

IAEA, sebagian melalui program kerjasama teknis, terus merangsang penggunaan teknologi tersebut dan mendukung kerja sama. Maroko telah menjadi negara donor dalam proyek-proyek industri yang melibatkan teknologi radiasi dengan Republik Demokratik Kongo, Mesir, Kenya, Sudan dan Zimbabwe. 

NDT, pengujian radiografi dan gamma scanning
pengujian industri menggunakan teknologi nuklir melibatkan  penggunaan radiasi pengion - bersama dengan metode lain - untuk menguji kualitas dari materi, tanpa menyebabkan kerusakan atau meninggalkan  sisa radioaktif. Teknik ini disebut pengujian non-destruktif.

Pengujian radiografi merupakan teknik terbesar pengujian non-destruktif (NDT) di pasar dan dianggap metode referensi untuk semua teknik pelengkap lainnya. Hal ini terutama didasarkan pada sinar gamma dari sumber radioaktif atau sinar-X dari generator X-ray. Kadang-kadang sinar beta juga dapat digunakan untuk kerapatan rendah, materi  ketebalan rendah. Ketika radiasi ditembakkan ke lempengan material, spesialis dapat menggunakan perangkat khusus yang dapat mendeteksi radiasi dan menciptakan sebuah gambar. Semakin tinggi kerapatan atau ketebalan  materi, lebih sedikit radiasi melewati, yang menghasilkan lebih sedikit  hitam pada gambar. Spesialis mengevaluasi gambar-gambar ini untuk menentukan karakteristik yang berbeda dari material.


Gamma scanning adalah teknik yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan internal setiap proses atau peralatan tanpa mengganggu produksi. Sebuah sinar collimated dari sinar penetrasi diberikan untuk melewati kerangka dari sebuah bejana, akan diubah oleh bejana dalam dan kemudian keluar dari sisi lain untuk mencapai detektor. Dengan mengukur intensitas radiasi yang ditransmisikan, informasi berharga diperoleh kerapatan dari material di dalam  bejana. Semakin tinggi kerapatan atau ketebalan material, lebih sedikit radiasi yang melaluinya. Hal ini menyebabkan metode yang sederhana dan efisien, yang disebut scan profile' dari komponen diperiksa, spesialis dapat digunakan untuk mengidentifikasi kelemahan atau ketidaktetapan.

Mei Fawaz-Huber, IAEA Kantor Informasi Publik dan Komunikasi

No comments:

Post a Comment

Pages