Menguji Keaslian Arca, Peneliti Indonesia Gunakan Spektrografi Nuklir

Menguji Keaslian Arca, Peneliti Indonesia Gunakan Spektrografi Nuklir!


Prof. Drs. Saiman Prihatin, salah satu ahli nuklir Badan Tenaga Nuklir Nasional BATAN, bersama Prof. Dr. KP Timbul Haryono Hadiningrat M,Sc, pakar arkeometalogi Universitas Gajah Mada Yogya, dan Johan Yan telah menemukan metode baru untuk menguji keaslian Arca Mahandi selama sekitar 5 tahun.
Temuan metode baru tersebut dapat menguji keaslian arca dengan memanfaatkan teknologi nuklir yakni Spektrografi Nuklir dengan cara menembakkan radiasi ke arca tersebut untuk di catat hasilnya. Dapat dikatakan, Spektrografi Nuklir merupakan salah satu cara ampuh dan non destructive test untuk mengetahui komposisi unsur dari Arca tersebut. Dengan demikian pada metode ini tidak perlu dilakukan pencungkilan pada arca tersebut untuk menguji keasliannya, sehingga benda cagar budaya tersebut tidak akan cacat.
"Dengan sinar nuklir yang ditembakkan ke benda cagar budaya oleh ahlinya (Prof Samin Prihatin), penelitian keaslian benda cagar budaya itu tidak perlu dilakukan dengan mencukil bendanya, sehingga benda cagar budaya itu tidak cacat,"
~ Johan Yan – Pemilik Museum Maha Nandi
Ahli nuklir kimia dari BATAN Drs. Samin prihatin menegaskan bahwa keaslian sebuah benda cagar budaya dapat dibuktikan secara ilmiah. Identifikasi arca tersebut melalui pola dan unsure yang direkam dalam data.
Hasil penelitian itu ditentukan delapan unsure logam yang terdapat di arca mahanandi kandungan unsure logam tersebut antara lain Fe 132 (1,81 %), Ni 2113 (28,61 %), Cu 3158 (42,76 %), Zn 499 (6,75%), Pb 77 (1,04 %), Ag 55 (0,74 %), Sn 940 (12,73 %), Sb 54 (1.32 %), dan Au 99 (2,42 %). Delapan unsur logam di dalam arca tersebut ditemukan dengan metode bias dan tidak destruktif, karena arca yang diteliti tetap utuh.

Selain penemuan delapan unsur logam tersebut. Juga ditemukan logam emas didalam perut arca yang merupakan relic. Relic ini terdapat dibagian perut arca. Hal ini membuktikan bahwa nenek moyang kita begitu memiliki kemampuan yang cangih dalam keterbatasan.

No comments:

Post a Comment

Pages