Pemanfaatan Teknologi Nuklir Terhadap Penyakit Kanker



[Nuclear Trivia]
Kanker merupakan pembunuh nomer-1 dunia, dengan posisi nomer satu penyakit jenis kanker yang mematikan adalah jenis kanker serviks dan yang kedua kasus paling mematikan adalah jenis kanker payudara.
Deteksi dini kanker lewat pemeriksaan molekul sel kanker di tubuh mulai marak dilakukan. Metode yang menggunakan teknologi berbasis nuklir ini dinilai bisa memberikan informasi yang lebih spesifik sehingga terapi yang diberikan kepada pengidap kanker bisa lebih akurat.
Prinsip utama paradigma baru ini adalah mengidentifikasi sel abnormal dengan pemancar sinar gamma dan terapi sel abnormal dengan pemancar sinar beta,
pengamatan molekul bisa dilakukan dengan alat positron emission tomography (PET). Pemeriksaan dilakukan dengan menyuntikkan senyawa yang mengandung radioaktif (radiofarmaka) ke pembuluh darah pasien. Selanjutnya, PET akan mengambil gambar dari seluruh tubuh pasien.
IAEA sebagai lembaga nuklir dunia sedang gencar-gencarnya melakukan dukngan  langkah nyata deketsi dini kanker pada masyarakat.
Penasaran cerita lebih lanjutnya, Yuk Buka di
http://www.kommun.or.id/dalam-Memerangi-Kanker-pada-Wanita-dan-Anak-anak-Para-Ahli-Kanker-di-Nikaraguan-mendapatkan-dukungan-dari-IAEA/

#KomunitasMudaNuklirNasional
#NuclearTrivia
#ResonansiKebaikan

No comments:

Post a Comment

Pages