India Negara Kedua Pembangun Teknologi Prototype Fast Breeder Reactor


[Nuclear Trivia]

Menjadi sebuah negara dengan penyumbang polusi terbesar kedua di dunia tidak membuat India lantas membiarkannya begitu saja. Setidaknya India sudah melakukan riset terhadap energi nuklir sebagai pengganti sumber daya yang akan menggantikan energi batu bara sebagai sumber energi listrik. India berencana menutup 30 tambang batubaranya.

Selama 15 tahun ilmuwan nuklir India berkerja di fasilitas Nuklir raksasa yang bertempat di Kalpakkam, sebuah kota di tepi teluk Bengal. Reaktor yang dibangun merupakan reaktor nuklir pembiak cepat. Reaktor jenis ini mengekstrak 70% lebih besar dan aman dibandingkan reaktor konvensional dan dapat mengurangi limbah radiasi secara signifikan. Sumber energi utama yang digunakan berasal dari thorium karena India merupakan penghasil thorium terbanyak kedua di dunia.

Reaktor jenis ini disebut lebih aman dan bersih. Rusia sebelumnya telah menerapkan teknologi ini, dan setelah India akan menyusul China yang sedang mengupayakan pengembangan reaktor pembiak cepat namun masih tertinggal satu dekade. Negara lain seperti Jepang dan Prancis juga mencoba mengembangkan energi serupa namun gagal karena alasan teknis dan keamanan.

Seluruh dunia mulai sadar dan mencoba beralih menggunakan energi terbarukan. India telah memilih energi nuklir. Lantas.. Apakah yang Indonesia pilih untuk alternatif energi pengganti terbarukannya?
Penasaran cerita lebih lanjutnya, Yuk Buka di http://www.kommun.or.id/india-akan-menjadi-negara-kedua-di-dunia-yang-menggunakan-teknologi-nuklir-baru/

#KomunitasMudaNuklirNasional
#NuclearTrivia
#ResonansiKebaikan

No comments:

Post a Comment

Pages