Pemanfaatan Ilmu Komunikasi di Bidang Nuklir untuk Menaikan Public Acceptance


[Nuclear Trivia]

Pemanfaatan nuklir sebagai energi terbarukan masih menjadi perdebatan di tengah masyarakat. Salah satu penyebabnya, banyak yang mengidentikkan nuklir dengan hal-hal negatif, seperti untuk bahan peledak atau perusak lingkungan. Padahal, tenaga nuklir nyatanya dapat dimanfaatkan sebagai energi listrik yang murah melalui Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), bahkan mampu menghasilkan varietas padi unggul Sidenuk.
Kemristekdikti sendiri telah memberikan dukungan berupa berbagai skema dana penelitian. Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), Ali Ghufron Mukti dalam acara Focus Group Dicussion (FGD) Optimalisasi Pemanfaatan Reaktor Riset Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) mengungkapkan, masyarakat banyak yang tidak tahu mengenai manfaat tenaga nuklir sehingga begitu mendengar kata nuklir langsung dianggap suatu hal yang berbahaya. Untuk itu, perlu peran dari peneliti dan akademisi untuk memberikan pemahaman yang komprehensif, yakni menggunakan konsep science communication atau komunikasi sains.

Penasaran cerita lebih lanjutnya, Yuk Buka di http://www.kommun.or.id/science-communication-hilangkan-momok-pemanfaatan-nuklir-di-masyarakat/


#KomunitasMudaNuklirNasional
#NuclearTrivia
#ResonansiKebaikan

No comments:

Post a Comment

Pages