Pemanfaatan Varietas Mutiara 1 Sebagai Basis Ketahanan Kedelai Nasional



[Nuclear Trivia]

Kabar tebaru, jika varietes Mutiara 1 terpilih menjadi basis ketahanan kedelai nasional oleh Kementerian Pertanian. Seperti yang diketahui, Indonesia merupakan negara yang menjadikan kedelai sebagai bahan pangan terbesar di dunia. Sayangnya, 60 persen kedelai saat ini masih bergantung pada impor. Pada tahun 2018, Pemerintah menargetkan menekan impor kedelai dari 60 persen menjadi 40 persen dengan cara mendongkrak produktivitas kedelai domestik.
Kementerian Pertanian, Lukman Hakim saat diwawancara melalui pesan singkat,. “Mutiara 1 lebih disukai penangkar. Butuh waktu 2 tahun untuk menghasilkan benih yang cukup (SS dan ES) untuk produksi massal. Petani membutuhkan varietas kedelai yang tidak pecah untuk menghindari kerugian hasil panen,” pesannya.
Peneliti Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR) BATAN, Azri Kusuma Dewi mengatakan, BATAN akan terus mengembangkan varietas baru, yang selanjutnya lebih tahan terhadap perubahan iklim yang tidak menentu. "Kami terus melanjutkan penelitian dengan mencari varietas terbaik hasil mutasi radiasi yang lebih optimal dan lebih berkualitas lagi, terutama untuk ditanam di musim hujan”, ujarnya.

#NuclearTrivia
#KomunitasMudaNuklirNasional
#ResonansiKebaikan

No comments:

Post a Comment

Pages