Rapat Kerja Nasional KOMMUN 2018

Semarang, 10 Maret 2018

Komunitas Muda Nuklir Nasional (KOMMUN) merupakan komunitas yang memiliki kerangka kerja mewadahi aspirasi para pemuda yang peduli dalam pemanfaatan teknologi nuklir di tingkat nasional. Organisasi kepemudaan ini terbentuk pada tanggal 11 Februari 2013, dan pada tahun ini telah menginjak usia lima tahun. Dalam memperingati ulang tahun yang kelima, KOMMUN mengadakan annual meeting (AM) di Tawangmangu, Solo, dan terpilihlah Indira Puspadewanty (mahasiswa Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) sebagai Ketua Umum dan Muhammad Imam Amarullah (mahasiswa Universitas Sriwijaya) sebagai Sekretaris Jenderal untuk periode kepengurusan 2018 – 2019.

Ketua Umum KOMMUN 2018, Indira Puspadewanty
Setelah menentukan rekan untuk mendampingi di kepengurusan KOMMUN periode 2018 – 2019, ketua umum terpilih beserta badan pengurus harian (BPH) melaksanakan rapat kerja nasional (rakernas) pada 10 Maret 2018 di Kafe Buku Deqiko, Semarang. Rakernas KOMMUN 2018 diselenggarakan oleh KOMMUN Wilayah Semarang sebagai tuan rumah, dengan peserta berasal dari berbagai wilayah KOMMUN, mulai dari Palembang, Tangerang Selatan, Jakarta, Solo, Yogyakarta, Malang, Surabaya, dan Semarang.

Pembina KOMMUN, Adipurwa Muslich,S.Si

Rakernas KOMMUN 2018 dihadiri oleh salah satu Dewan Pembina KOMMUN, Adipurwa Muslich, S.Si, yang sekaligus membuka rakernas ini. Beliau menyampaikan bahwa suatu produk atau organisasi dapat menjadi besar tidak hanya melalui iklan dan pemasaran yang mahal, tapi dapat juga melalui komunitas yang dekat dengan masyarakat. KOMMUN juga dapat seperti sekarang bukan karena iklan, tapi karena pergerakan nyata di tengah masyarakat.
Beliau menambahkan, “pencapaian KOMMUN seperti saat ini sebenarnya sudah melampaui ekspektasi dari kami, dewan pembina.”

Ganjar Putro Indratoro, Ketua Umum KOMMUN 2016/2017
Selain perwakilan Dewan Pembina KOMMUN, anggota KOMMUN Jakarta sekaligus Ketua Umum KOMMUN periode 2016/2017, Ganjar Putro Indratoro pun hadir untuk mengisi rakernas sebagai pembicara terkait sejarah dan segala sesuatu terkait KOMMUN. Beliau menceritakan sejarah KOMMUN, tugas dan peranan KOMMUN di masyarakat, serta pencapaian KOMMUN yang sudah genap berusia lima tahun.

Setelah penyampaian materi oleh Ganjar Putro Indratoro, rakernas dilanjutkan dengan penyampaian program dan target dari masing-masing biro, departemen, dan wilayah KOMMUN 2018. Dimulai dari pembukaan oleh Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal, lalu dilanjutkan dengan penyampaian program oleh Sekretaris, Bendahara, kepala biro PSDM, kepala departemen Humas, kepala departemen Multimedia.

Setelah istirahat, sholat, dan makan siang, agenda dilanjutkan dengan hiburan secara sukarela oleh peserta. Anggota KOMMUN Semaang, Indah Marzia dan koordinator KOMMUN Semarang, Angger Bagaskara serta Sekretaris Jenderal KOMMUN, Muhammad Imam Amarullah, menyumbangkan suara untuk menghibur peserta rakernas. Setelahnya agenda rakernas dilanjutkan dengan penyampaian program oleh koordinator wilayah masing-masing. Namun penyampaian program oleh wilayah Solo, Jakarta, Bandung, Tangerang Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat diwakilkan oleh peserta lain karena koordinator wilayah berhalangan hadir.

Setelah penyampaian program, agenda rakernas dilanjutkan dengan diskusi dengan tujuan menyamakan persepsi terkait program dan visi KOMMUN selama satu tahun kepengurusan. Diskusi berjalan cukup seru, mengingat banyak pertanyaan, masukan, dan saran yang disampaikan oleh peserta rakernas. Akhirnya hasil diskusi ditampung dan dijadikan sebagai pertimbangan bagi BPH KOMMUN 2018 untuk menjalankan kepengurusan selama satu tahun ke depan.

Rakernas pun ditutup oleh Dewan Pembina KOMMUN dengan menyampaikan beberapa tanggapan dan masukan. Adapun harapan dari Dewan Pembina untuk KOMMUN adalah untuk dapat mempertahankan pergerakan dan terus memperluas jaringan guna memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

No comments:

Post a Comment

Pages