BREAKING NEWS

Kegiatan KOMMUN Periode 2019/2020

Hai Sahabat Nuklir!
Wah, ga kerasa ya sebentar lagi KOMMUN bakalan ganti periode kepengurusan. Masih pada inget gak rentetan program kerja selama 2019/2020? Intip yuk kilas baliknya!

1. Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS)
Dengan terpilihnya Ketua Umum KOMMUN Periode 2019/2020 atas nama Deka Dwi Rhamadani yang di pilih sevara aklamasi dari kegiatan Annual Meeting 2019 di Semarang. Karena telah terbentuknya Badan Pengurus Harian selama 1 kepengurusan makan selanjutnya melaksanakan RAKERNAS (Rapat Kerja Nasional). Rakernas merupakan kegiatan KOMMUN dalam rangka memaparkan Rencana Program Kerja selama 1 tahun kepengurusan. Tahun 2019 RAKERNAS dilaksanakan di BATAN Pasar Jumat yang di hadiri oleh Pembina KOMMUN, pengurus, dan perwakilan wilayah. Melalui kegiatan setiap pengurus memaparkan program kerja selama 1 kepengurusan. Tujuan dari RAKERNAS yaitu untuk meningkatkan kinerja KOMMUN dan mempererat internalisasi antar BPH serta wilayah selama kepengurusan. Kegiatan ini juga bersamaan dengan Buka Puasa bersama.
Foto Bersama
Buka Bersama dengan BATAN

2. Bincang-Bincang Nuklir (BBN) 
Kommun Palembang mengadakan Bincang-Bincang Nuklir online sebanyak 2 kali dengan tema yang berbeda. BBN 1 dengan tema Nuklir, Potensi untuk pemulian tanaman yang disampaikan oleh pemateri yang kompeten di bidangnya yaitu Mariana Y Maryono, M.Si (Peneliti muda pemulian tanaman di PAIR Batan) yang dipandu oleh moderator Sekretaris Wilayah Kommun Palembang 9Siti Aisyah). Peserta dalam kegiatan ini sebanyak 176 orang, diharapkan melalui diskusi ini dapat memberikan pemahaman tentang perkembangan iptek nuklir. Dan BBN online ke 2  mengangkat tema pemanfaatan nuklir di bidang farmasi (RADIOFARMAKA) dengan pemateri Veronika Yulianti Susilo, M.Farm (Peneliti Di pusat Teknologi Radioisotp Radiofarmaka (PTRR) BATAN) dengan peserta sebanyak 121 orang dan moderator yaitu Laras Purnama Sari Sekretaris Umum KOMMUN periode 2019/2020.

3. Nuclear Talks (NT)
Nuclear talks merupakan kegiatan talk show atau seminar yang mendiskusikan isu terkait dengan perkembangan IPTEK Nuklir.  NT dilakukan oleh KOMMUN wilayah Semarang dan KOMMUN wilayah Malang. NT KOMMUN Semarang mengangkat tema aplikasi teknologi nuklir dalam pembangkit energy fisika medis dan pemetaan lingkungan dengan pembicara Prof. Dr.Susilo, M.Si sebagai dosen Fisika UNNES, Prof. Dr. Djarot S. Wisnubroto sebagai Kepala Batan 2012-2018 dan Prof. Dr. Muhammad Nur, DEA sebagai Inventor PT. Dipo Technology. Jumlah peserta sebanyak 90 orang dengan latar belakang ilmu yang berbeda-beda.
Nuclear Talks Kommun Semarang
Nuclear Talks (NT) Kommun Malang mengangkat tema Radiasi Nuklir Dalam Makanan, what do you think? dengan pemateri Risalatul Latifah, M.Si dosen Universitas Brawijaya Malang dan Riyanto Setya Oetomo, S.T Direktur PT. Gamma Mitra Lestari. Kegiatan ini di laksanakan di Fakultas MIPA Universitas Brawijaya dan dengan peserta sebanyak 76 orang.
Nuclear Talks Kommun Malang

4. Nuclear Education Training (NET)
NET merupakan kegiatan untuk memberikan pemahaman tentang nuklir kepada anggota KOMMUN. Kegiatan sangat penting, karena setiap sesi NET akan memberikan pembahasan yang berbeda-beda jadi anggota mendapatkan banyak pemahaman tentang perkembangan IPTEK nuklir.

Pemaparan dari Pemateri 
Foto Bersana dengan Peserta NET dan BATAN

5. Nuclear Goes To School (NGTS)
Nuclear Goes To School merupakan kegiatan edukasi nuklir dengan memberikan pemahaman tentang nuklir kepada siswa dan guru di sekolah. NGS menjadi kegiatan yang sangat bermanfaat untuk memperkenalkan nuklir di dalam lingkup lingkungan sekolah. 

6. Annual Meeting (AM)
Seusai menjalani satu periode kepengurusan, Komunitas Muda Nuklir Nasional kini hadir untuk menyelenggarakan Annual Meeting KOMMUN 2020, yang diadakan pada tanggal 28 Februari – 1 Maret 2020.  Acara tersebut berlokasi di Hotel Mustika Sari, Batu Malang. Apa sih Annual Meeting itu sendiri? Annual Meeting yaitu rapat tahunan KOMMUN dari semua wilayah yang bertujuan untuk pembahasan kilas balik rentetan program kerja pada satu periode yang telah dilewati dan perencanaan untuk satu periode yang akan dijalani ke depan. Adapun pemilihan Ketua Umum KOMMUN Nasional periode 2020/2021. Pada kesempatan kali ini, KOMMUN  Malang bekerja sama dengan KOMMUN Surabaya untuk menjadi tuan rumah serta panitia pelaksana.
Pemaparan Grand Design Kommun  
Acara ini dihadiri oleh 8 wilayah yang terdiri dari KOMMUN Jember, Jogja, Semarang, Solo, Tangerang Selatan, dan Palembang. Atas suara sah dan sepakat, Dicky Pratama (KOMMUN Surabaya) terpilih dan mengemban jabatan sebagai Ketua Umum KOMMUN periode 2020/2021. 
Pelantikan Ketua Umum Kommun periode 2020/2021 
Tiga hari menjadi sebuah ajang penyatuan dari berbagai wilayah dengan segala aspek kebersamaan dan kekeluargaan. Annual Meeting ini juga dapat meningkatkan internalisasi dari keanggotaan KOMMUN itu sendiri. Apresiasi sebesar – besarnya atas antusias dan kontribusi yang luar biasa dari semua pihak. Tetap pada satu tujuan. Mengabdi dan mengedukasi. Untuk nuklir. Untuk negeri.
Keseruan outbond hari ke-3




Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Komunitas Muda Nuklir Nasional. Designed by OddThemes