BREAKING NEWS

Komboyo bareng BATAN sambang nang Sekolah

Halo Sahabat Nuklir!

Antusias siswa SMAN 7 Surabaya sangat meriah sekali, ketika kelas motivasi di isi oleh Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dan Komunitas Muda Nuklir Surabaya (komboyo). Siang yang menyengat di wilayah Surabaya tidak menyulutkan semangat para siswa kelas X IPA dan Bahasa untuk menerima informasi nuklir, radiasi dan manfaat. Sebanyak 267 siswa dengan serius menerima pemateri yang menerangkan proses paparan radiasi berdasarkan jarak, waktu dan pelindung. Ketika mendengar kata radiasi mereka beranggapan akan terjadi kemandulan dan kecacatan tubuh yang permanen.
Batan berkolaborasi dengan Komboyo menerangkan bahwa nuklir bukan tentang hal-hal negatif lagi, tetapi paparan radiasi bermanfaat jika disesuaikan dengan kebutuhan dan mengetahui nilai ambang batas dosis. Pemateri menerangkan begitu detail hingga membuat game agar nuklir menjadi hal yang positif, dengan melibatkan peserta untuk mencoba tester produk makanan dari hasil dari teknologi nuklir.
Peserta atau siswa SMAN 7 Surabaya yang pernah memasak dan memakan daging rendang mengajukan diri sebagai juri untuk menilai hasil produk teknologi nuklir.
"Rasanya enak, rempah-rempah terasa, kurang pedas, hingga kurang nasinya" berbagai komentar yang diberikan dari master chef rendang SMAN 7 Surabaya. Hampir tidak ada bedanya dengan rendang yang dimasak pada umumnya, bisa dikatakan 11/12 dengan rendang biasanya. Kemudian, BATAN dan KOMBOYO menerangkan bentuk teknologi nuklir bidang pangan iradiasi rendang sapi yang baru saja mereka makan merupakan makanan yang bisa awet hampir 2 tahun, dikarenakan bakteri/ mikroba yang menjadi peran utama pembusukan pada makanan telah dimatikan dengan proses penyinaran iradiasi nuklir dan tanpa merusak struktur kandungan/komposisi pada makanan dengan syarat kemasan makanan tidak rusak. 
Dari kegiatan ini para peserta kelas motivasi dan para master chef rendang SMAN 7 Surabaya paham bahwasanya nuklir sudah bukan tentang hal perang ataupun negatif lainya, melainkan teknologi nuklir mempunyai manfaat yang sangat luas. Tidak tentang iradiasi pangan saja, tapi bisa kesehatan, pertanian, perkebunan hingga industri.

Redaksi 
Kommun Surabaya 

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Komunitas Muda Nuklir Nasional. Designed by OddThemes