BREAKING NEWS

ANALISIS DATA BINCANG-BINCANG NUKLIR OLEH KOMUNITAS MUDA NUKLIR NASIONAL

Tema : CT-Scan dalam Diagnosis Covid-19
Bincang-bincang nuklir (BBN) yaitu suatu kegiatan diskusi dengan satu pemateri utama yang ahli dalam suatu disiplin ilmu, yang membahas tentang nuklir dengan tema yang berbeda untuk setiap pelaksanaannya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi tentang nuklir kepada anggota KOMMUN dan umum, selain itu BBN juga sebagai ajang bertukar pikiran antara pemateri dengan audience seputar perkembangan teknologi nuklir dan berbagai pemanfaatannya. Dalam bincang-bincang nuklir kali ini dilakukan secara online yang membahas tentang CT Scan dalam Diagnosis COVID-19. Pemateri dalam diskusi ini adalah Ledi Anggara, S.Si sebagai Asisten penguji Fisika Medis dan Biofisika Universitas Indonesia.
        Peserta BBN diikuti oleh 138 orang dengan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda yang terdiri dari 78 orang umum dan 58 orang anggota KOMMUN.


Peserta BBN diharuskan mengisi google form yang telah disediakan, dan tersedia beberapa pertanyaan yang harus dijawab sebagai pemahaman awal (post test) terkait informasi yang mereka ketahui tentang pemanfaatan nuklir dalam alat-alat kesehatan, dan CT Scan mendiagnosis COVID-19. Berikut pertanyaan yang telah disediakan beserta respon dari peserta. Pertanyaan 1, Apakah anda mengetahui pemanfaatan nuklir dalam bidang kesehatan?. Dari pertanyaan tersebut berikut grafik tanggapan peserta.

Tanggapan pertanyaan Ke-1
         Grafik diatas menunjukan bahwa sebanyak 83% peserta mengetahui, 4% masih bingung dan 3% tidak mengetahui. Pertanyaan selanjutnya yaitu Pemanfaatan IPTEK Nuklir untuk deteksi Covid-19, dari respon peserta, berikut grafik nya.

Tanggapan pertanyaan ke-2
         Grafik diatas menjelaskan bahwa sebanyak 69% menjawab bisa, 29% ragu, dan 2% tidak bisa. Maka dari respon tersebut peserta telah mengetahui bahwa teknologi nuklir bisa digunakan untuk deteksi COVID-19.

Kemudian peserta diberikan post test sebagai bentuk pemahaman tentang materi yang telah disampaikan. Berikut hasil grafik nya.
Berdasarkan hasil grafik bahwa, sebanyak 84% peserta memahami materi tentang CT Scan dalam mendiagnosis COVID-19.
Jadi dapat disimpulkan bahwa teknologi nuklir sangat banyak manfaatnya dalam dunia kesehatan, diantaranya CT-Scan, RT-PCR, Rontgen, Radiofarmaka dan Radioterapi. Pengenalan tentang manfaat alat-alat kesehatan dalam teknologi nuklir, salah satunya CT Scan. CT Scan adalah alat diagnose kesehatan yang memanfaatkan teknologi nuklir yang digunakan untuk mengambil beberapa citra tubuh/organ dari beberapa arah yang memanfaatkan sinar-X kemudian diproses menggunakan komputer 3 dimensi.
Terima kasih kepada pemateri yang telah menyempatkan waktu untuk memberikan pengetahuan dan sharing ilmunya, dan bagi peserta BBN semoga materi yang telah disampaikan dapat bermanfaat.

Tim Redaksi 
KOMMUN

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Komunitas Muda Nuklir Nasional. Designed by OddThemes