BREAKING NEWS

Berdaya Bersama Katantan

 Halo Sobat Nuklir

Kali ini kita akan membahas tentang salah satu produk litbang batan, apakah itu mari kita simak bersama 

Kacang tanah merupakan tanaman yang termasuk dalam jenis polong-polongan, tanaman ini banyak dibudidayakan di Indonesia utamanya di wilayah Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Minat dan potensi pemanfaatan kacang tanah di Indonesia tergolong cukup tinggi, bahkan kacang-kacangan menempati posisi tanaman polong-polongan terpenting kedua setelah kedelai.

Katantan 1 Umur 2,5 Bulan di Ciamis

Sudah tidak menjadi rahasia lagi jika kacang tanah memiliki segudang manfaat. Sebab kadungan didalamnya kaya akan lemak, protein, zat besi, vitamin E, kalsium dan masih banyak lagi.

Olahan kacang tanah juga sangat eksis di per-kulineran Indonesia karena rasanya yang enak serta cocok dihidangkan dengan berbagai macam makanan khas dan bisa dibilang cocok dengan selera lidah orang pribumi. Tidak cukup sampai di situ, beberapa kajian dan penelitian menyebutka bahwa kacang tanah dapat bermanfaat sebagai penurun tekanan darah tinggi dan penurun kandungan kolesterol dalam darah, memiliki efek melegakan penyakit hemophilia atau kecenderungan mudah berdarah, serta penyakit keputihan dan insomnia*.

Dengan segudang manfaat tersebut, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melakukan pengembangan dan penelitian dalam bidang industri lingkungan dan pertanian terkhusus pada pemuliaan tanaman dengan menggunakan teknik radiasi untuk memperoleh bibit tanaman unggul salah satunya adalah pada bibit kacang tanah.

Pada tahun 2020, Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi BATAN telah melepas delapan jenis bibit tanaman hasil pemuliaan yaitu tanaman padi, pisang, gandum, sorgum, kapas, kedelai, kacang hijau dan yang tidak ketinggalan adalah kacang tanah. Masing-masing bibit tanaman ini memiliki varietas sendiri-sendiri.

Terkhusus pada bibit tanaman kacang tanah, BATAN memiliki varietas KATANTAN 1 singkatan dari Kacang Tanah BATAN dengan pemulianya adalah Bapak Parno dan Ibu Kumala Dewi. Varietas ini diresmikan pada tanggal 23 Februari 2017 oleh Keputusan Menteri Pertanian RI, nomor 139/Kpts/TP.030/2/2017.

Benih Kacang Tanah Katantan 1 ( Breeder Seed ) per kantong 5 Kg

Menurut yang dirilis dari laman resmi BATAN, KATANTAN 1 memiliki beberapa keunggulan dibandingkan kacang tanah pada umumnya, yaitu potensi panen sebesar 2,73 ton/ha, menghasilkan kacang tanah berpolong tiga, tahan terhadap penyakit karat, serta bebas aflatoxin yang bersifat carsinogenic atau zat yang menyebabkan penyakit kanker. Bibit KATANTAN 1 ini merupakan hasil dari perbaikan varietas kacang tanah dengan teknik radiasi. Terhitung mulai periode Bulan Februari-April tahun 2021, Budidaya Kacang Tanah varietas KATANTAN 1 sedang dilakukan oleh Komunitas Muda Nuklir Nasional pada beberapa wilayah di Indonesia, diantaranya adalah Ciamis, Jawa Barat dan Banjarnegara, Jawa Tengah.

 Referensi;

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Komunitas Muda Nuklir Nasional. Designed by OddThemes