Header Ads

Header ADS

NYS 2019


Nuclear Youth Summit 2019

Teknologi nuklir, dibalik manfaatnya bagi kemajuan industri dunia, masih menyimpan tantangan besar yang harus dihadapi, yaitu persepsi publik. Berawal dari peristiwa bom atom Hiroshima-Nagasaki penelitian nuklir berkembang pesat dengan slogan “Nuclear for Peace” memberi kontribusi massif di bidang kedokteran, material, manufaktur, dan energi. Apikasi nuklir beserta manfaatnya hadir untuk melawan stigma negatif, karena pengembangan teknologi ini perlu didampingi dengan penerimaan publik untuk mengoptimalkan kebijakan pembangunan nasional. Dan pembangunan nasional tidak dapat lepas dari peran generasi muda secara jangka panjang. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk mengajak dan mengedukasi generasi muda mengenai perkembangan teknologi nuklir, tidak hanya untuk melanjutkan estafet penelitian antar generasi namun mengoptimalkan energi muda dalam menghadirkan manfaat nuklir ketengah masyarakat.
                Sebagai jawaban atas peran besar generasi muda, akan diselenggarakan Nuclear Youth Summit (NYS) 2019  yang merupakan pertemuan bagi para pemuda penggiat nuklir dalam membahas dan melahirkan inovasi nuklir, baik untuk riset maupun introduksi publik. NYS merupakan pertemuan besar yang telah diselenggarakan 4 (empat) kali oleh Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Tahun 2013 NYS mengangkat tema Youth and Renaissance yang menjadi embrio pembentukan Komunitas Muda Nuklir Nasional (Kommun), dan setahun setelahnya NYS kembali hadir dengan tema Lets Start the Future, Today! dengan output penguatan kerjasama lintas negara ASEAN+ dalam mengembangkan jejaring komunitas pemuda penggiat nuklir.
Tahun ini NYS akan hadir menjadi bagian dari Indonesia Nuclear Expo (NEXPO) di Yogyakarta dengan konsep seminar nasional, berisi materi mengenai perkembangan teknologi nuklir yang akan dibawakan oleh peneliti ahli dan pakar kebijakan nuklir, serta peran generasi muda dalam mengoptimalkan sumber daya Indonesia yang akan disampaikan oleh tokoh kepemudaan nasional. Pemuda dan kemajuan teknologi suatu bangsa merupakan fungsi dwi-tunggal, Reaktor riset di Yogyakarta adalah salah satu buktinya. Tahun 1979 para pemuda di bidang nuklir berhasil membangun dan mengoperasikan reaktor riset buatan dalam negeri untuk pertama kalinya. Nama dari reaktor ini menjadi simbol keberhasilan anak bangsa, Reaktor Kartini (Karya Teknisi Indonesia). Generasi muda sebelum kita telah berhasil membuktikan kontribusi dalam kemajuan teknologi, sekarang giliranmu! Siapkan diri dan cari tahu informasi selengkapnya segera di www.kommun.or.id.
Sampai bertemu tanggal 7 September 2019 di Yogyakarta..


Dalam gambar 1:Teknisi muda BATAN ketika Reaktor Kartini siap beroperasi dan dikendalikan

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.